Ary Ginanjar Apresiasi Transparansi BSI dan Implementasikan AKHLAK hingga Raih Penghargaan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 18:18 WIB
loading...
Ary Ginanjar Apresiasi...
Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian mengapresiasi Bank Syariah Indonesia terkait transparansi dan implementasi core value AKHLAK. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - ESQ/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International memberikan penghargaan The Highest Increment in the Implementation Index of AKHLAK atau pertumbuhan yang signifikan dalam implementasi core values AKHLAK kepada Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Penghargaan itu diberikan berdasarkan hasil pengukuran oleh ACT Consulting/ESQ yang menilai bahwa insan BSI terus mengimplementasikan core values BerAKHLAK. Capaian itu pun mendapat apresiasi dari Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

"Selamat untuk BSI yang telah berhasil meraih The Highest Increment in the Implementation Index of AKHLAK (pertumbuhan yang signifikan dalam implementasi core values AKHLAK)," tulis Ary Ginanjar dalam unggahan Instagram pribadinya, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Ary menjelaskan, pengukuran dan pemetaan itu dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini lembaga independen terpercaya ACT Consulting/ESQ melalui metode ACHI (AKHLAK Culture Health Index).

"Penilaian ini melibatkan seluruh karyawan BSI secara keseluruhan, bagaimana implementasi AKHLAK dalam keseharian di BSI, baik yang dirasa, dilihat dan didengar oleh mereka," ungkap Ary.

Menurutnya, pengukuran dilakukan secara objektif oleh lembaga eksternal, dan bukan menilai serta mengukur diri sendiri yang umumnya terjadi di beberapa perusahaan yang bisa bersifat subjektif. “Transparasi ini patut diapresiasi," imbuh Ary.

Hasil survei ACHI BSI dari tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan. Di tahun 2021 total indeks kesehatan budaya organisasi di BSI yaitu 82,1% menjadi 85,8% di tahun 2022. Bahkan di atas rata rata total indeks kesehatan budaya organisasi di 177 BUMN dan Anper yaitu 64,2%.

Bukan hanya itu, indeks implementasi AKHLAK di BSI mengalami peningkatan signifkan dari 45,3% di tahun 2021, menjadi 81.4% di tahun 2022. Capaian indeks implementasi AKHLAK ini juga jauh di atas rata-rata BUMN lainnya yaitu 44,5%.

"Nilai atau value tertinggi yaitu Amanah dengan skor 91,1%. Artinya mereka konsen mengutamakan kepentingan nasabah, konsisten antara yang dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan. Mengutamakan pemangku kepentingan serta praktik bisnis sesuai prinsip syariah," jelas Ary.

Sementara nilai Indeks Kesehatan Budaya Organisasi ASN adalah 73,4% dan indeks implementasi BerAKHLAK adalah 60,9% di mana nilai akuntabel atau amanah ada di angka 74,1%.

"Hal ini merupakan tindak lanjut dan dukungan kami implementasi core values berAKHLAK yang di-launching oleh Bapak Presiden @jokowi pada tanggal 27 Juli 2021 dan juga core values AKHLAK yang dilaunching oleh Menteri BUMN @erickthohir pada tanggal 1 Juli 2020," kata Ary lagi.

Kemudian, lanjutnya, pengukuran serta assessment ini dilakukan oleh ACT Consulting - ESQ untuk membantu memastikan implementasi BerAKHLAK, terbentuknya Zona Integritas, sekaligus langkah pencegahan korupsi melalui monitoring perilaku akuntabel atau amanah dalam bekerja.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)